Pindah Datang - Keluar

1. Pindah Keluar

Penduduk yang pindah keluar dan atau keluar ke daerah lain harus melapor kepada RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan  dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tempat bersangkutan berdomisili. Apabila penduduk yang bersangkutan tidak melapor kepada RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan dikenakan Pembekuan Data Penduduk.

Persyaratan Pindah Keluar, diantaranya :

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Surat Keterangan Pindah dari Desa
  3. KK dan KTP asli
  4. KK diproses di Kecamatan
  5. Pas Photo 4 x 6 5 lembar (untuk pindah antar Kab/Kota/Prov)
  6. Surat Kuasa (bermaterai) apabila pemohon tidak mengurus secara langsung (untuk pindah antar Kab/Kota/Prov)

2. Pindah Datang

Surat keterangan pindah datang digunakan sebagai dasar perubahan atau penerbitan KK dan KTP bagi penduduk. Surat pindah datang berguna untuk mengurus status kependudukan di tempat tujuan, menghindari KTP dan KK ganda sehingga data jumlah penduduk tidak dihitung di dua tempat.

Persyaratan Pindah Datang, diantaranya :

  1. Mengisi formulir permohonan pindah datang
  2. Surat pengantar dari Desa dan Kecamatan
  3. KTP dan KK untuk dicabut
  4. Fotokopi surat nikah/akta perkawinan
  5. Surat pernyataan bermaterai dari orang tua/wali bagi penduduk yang pindah datang sampai dengan umur 17 tahun (belum wajib KTP)
  6. Semua fotokopi dokumen yang diperlukan sebagaimana tersebut di atas harus dilegalisasi oleh instansi yang berwenang

 

MARI SUKSESKAN #GISA

"Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan"